Mengapa tidak ada huruf "e" pada Flickr ?


gambara mengapa tidak ada huruf "e" pada flickr ?
Bagi kalian yang suka nyimpan gambar atau foto secara online, pasti tau Flickr kan ? mengapa diberi nama "Flickr" dan bukan "Flicker" ? bukankah nama "Flicker" lebih sesuai untuk situs Image Hosting ? ingin tahu kisahnya ? baca saja terus mengenai sejarah domain Flickr.com .

Menurut Stewart Butterfield , yang merupakan Co-founder ( salah satu pendiri ) flickr, awalnya mereka memang berusaha memiliki nama domain "flicker.com" ( memakai huruf "e" ) sebagai nama yg akan jadi domain layanannya, sebab layanan mereka adalah layanan Image Hosting ( penyimpanan gambar secara online ) yang tentu saja sangat pas bila memakai domain flicker.com ( yg bermakna gambar atau foto ) . namun ternyata saat mereka sedang berusaha mendaftarkan domain tersebut ternyata domain "flicker.com" sudah lebih dahulu diambil oleh pihak lain.

Lebih repot lagi ketika para pendiri awal flickr mengetahui bahwa sang pemilik domain Flicker.com tidak mau menjualnya kepada siapapun. Setelah putar otak memikirkan nama domain lain yang pas bagi layanan image hosting mereka, maka salah seorang pendiri yaitu  Caterina Fake memberi usul : bagaimana kalau mereka menggunakan "Flickr.com" tanpa huruf "e" , dengan pertimbangan : domain tersebut lebih unik dibanding flicker.com, domain tersebut masih tersedia dan bisa di daftarkan ( baca juga syarat - syarat mendaftarkan / memiliki domain sendiri ) , dan kadang kadang user juga kurang teliti dalam mencari sebuah situs, sering sekali user memasukkan "gogle" dibanding "google" , begitu juga dengan "Flicker" , Caterina beranggapan bahwa pasti banyak user yang mencari dengan   "Flickr" dibanding "Flicker".

Menurut Steward sendiri, dia awalnya menolak ide Caterina tersebut, sebab kedengarannya sangat salah bila kita dengan sengaja menjadikan salah eja sebagai nama domain resmi. Namun setelah berembug dan berfikir dengan jernih , Steward akhirnya menyetujui usulan Caterina tersebut sebab memang kata - kata "flickr"  sangat unik, tetap dibaca sama dalam bahasa inggris, dan lebih mudah diketik.

Awalnya Google Sering salah 

Steward menyadari bahwa keputusannya bukanlah tanpa Resiko , pada awal pendirian flickr , ketika steward mengetikkan "flickr" di kotak pencarian google, maka google akan menyampaikan "Apakah yang anda maksud Flicker ?" sebab Google mengira dia salah tulis, namun setelah beberapa lama seiring dengan kepopuleran Layanan Flicker akhirnya pada sekitar tahun 2005 - 2006 , ketika Steward mengetikkan "Flicker" di search engine google, justru Google malah menyarankan "Flickr" , dan semenjak itu Google lebih mengenali Flickr dibanding Flicker. Sekarang Domain Flicker.com sudah dimiliki oleh Perusahaan Flickr, sehingga tidak masalah apakah anda mengetikan Flickr.com atau Flicker.com, maka anda akan dibawa ke situs yang sama

 

Pelajaran dari Cerita diatas , tentang memilih nama domain bagi situs anda :

1. Nama Domain adalah hal yang penting dan Vital, namun jangan terlalu kaku dalam memilihnya. Bila Domain yg anda incar sudah diambil orang, maka anda dapat mencari nama lain yang miri dalam pengucapan.
2. Sejelek apapun domain Anda, apabila situs anda memiliki layanan yang baik dan bermanfaat bagi sejumlah besar masyarakat, maka anda tidak perlu khawatir, google tetap akan mementingkan situs anda di hasil pencarian ( SERP ) dibanding situs lain dengan nama  yang hampri sama dan , yang jelas : kembangkanlah situs anda semaksimal mungkin bila ingin situs anda ramai, Bukan hanya memiliki domain yang "cantik" , kontekstual dan mudah diingat, melainkan Bagaimana cara anda mengembangkan Traffic Blog anda dengan terus menyediakan konten atau layanan yang dicari konsumen .




Related

Domain 6559197551340871569

Posting Komentar

emo-but-icon

item